Resume materi 5 day 2

Nama : octha dwi fiora p.h

Prodi D4 analis kesehatan

Fakultas kesehatan


Unusa 

Pemateri :Ema Umiyyatul Chusnah, S.T., M.M.Pd (MKRI)

Tema: Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia Emas 


Bonus dan tantangaan menuju indinesia emas:

BPS menyebutkan bahwa indonesia sedang menerima bonus demografi dengan nesarnya jumlah pendudyok yang pada masa usia produktuif, yaitu 15 hingga 64 th meningkat.

Tantangan yang dihadapi salah satunya yaitu: masuknya paham radikalisme dan ideologi anti pancasila di indonesia.

Yang harus dilakukan adalah : 

Mencegah kembali makna nilai nilai dari pancasila sebagai pondasi dan semangat awal untuk memerangi radikalisme dan menuju indonesia emas 2045.

Dan pendalaman karakter manusia indonesia yang berdasarkan pada nilai nilai pancasila akan menjadp tameng yang cukup kuat untuk menangkal paham radikalisme.

PANCASILA DAN PEMBANGUNAN

-Pada hakikatnya pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional mengandung arti bahwa segala aspek pembangunan harus mencerminkan nilai nilai pancasila.

- pembangunan nasional adalah untuk manusia indonesia dimana manusia secara kodratnya memiliki kedudukan sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.

Pengembangan dalam presprektif pancasila ; 

Pembangunan yang arah nilai nilai kemanusiaan sebagai " core values " 

Pancasila sbg konfigurasi budaya bangsa merupakan nilai nilai budaya inti  yanh harus dijabarkan dan dikembangkan dalam sejumlah nilai dan pranata social sejalan dengan perkembangan masyarakat, kemajuan teknologi dan perubahan lingkungan. 

Peran NU dalam membangubn moralitas bangsa.menuju indonesia emas 

Dalam mengimplementasikan nasionalisme kemanusiaan NU menerapkan prinsip dasar yaitu tawazun ( keseimbangan ) , tasamuh ( toleran ), tawasut ( moderat ), dan i'tidal ( adil ) dalam berbagai sektor kehidupan berbangsa dan bernegara.

Nasionalisme kemanusiaan diwujudkan melalui kegiatan dakwah dan pendidikan untuk menghasilkan SDM yang unggul dalam meneguhkan dan menyebarkan pemahaman aswaja sebagai pilar penguatan adaptasi, integrasi, pencapaian tujuan, dan pemeliharaan tantanan sebagai bangsa berdaulat.


Teman : gerry 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ramadhan kareem

Resume Materi 1 day 2

Resume materi LPKS UNUSA